SearchGPT fitur baru OpenAI, Google Search dapat imbang

Prototipe fitur pencarian baru yang dirancang untuk menggabungkan kekuatan model AI.

Ardi Nugraha
A- A+
SearchGPT
Google Search mendominasi sebagai mesin pencari yang paling diandalkan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia. Namun, kini hadir sebuah inovasi baru dari OpenAI yang siap menjadi penantang serius bagi dominasi Google Search.

OpenAI telah memperkenalkan SearchGPT merupakan produk terbaru dari yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan mutakhir. Sebagai penerus dari GPT-4, SearchGPT dirancang untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih cerdas, intuitif, dan mendalam. 

Dengan kemampuan memahami konteks dan nuansa bahasa manusia, SearchGPT tidak hanya memberikan daftar tautan, tetapi juga menyediakan jawaban yang lebih relevan dan komprehensif.
"Kami sedang menguji SearchGPT, prototipe fitur pencarian baru yang dirancang untuk menggabungkan kekuatan model AI kami dengan informasi dari web untuk memberi Anda jawaban yang cepat dan tepat waktu dengan sumber yang jelas dan relevan. Kami meluncurkannya ke sekelompok kecil pengguna dan penerbit untuk mendapatkan umpan balik," keterangan resmi di laman OpenAI, dikutip Jumat (26/7/2024).
Selain itu, perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu, mengungkapkan meskipun prototipe ini bersifat sementara,  berencana untuk mengintegrasikan fitur-fitur terbaik ini langsung ke ChatGPT di masa mendatang. 

"Jika Anda tertarik untuk mencoba prototipe ini, daftarlah (chatgpt.com/search) untuk daftar tunggu," tulis OpenAI.

Sementara itu, dari penelusuran topik.id, fitur yang mirip dengan Google pencarian ini memberikan jawaban di web dapat memerlukan banyak upaya, yang sering kali memerlukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan hasil yang relevan. 


"Kami yakin bahwa dengan meningkatkan kemampuan percakapan model kami dengan informasi real-time dari web, menemukan apa yang Anda cari dapat menjadi lebih cepat dan mudah," jelasnya.

SearchGPT dirancang untuk memberi jawaban dengan cepat dan langsung menanggapi pertanyaan pengguna dengan informasi terkini dari web dan memberikan tautan yang jelas ke sumber-sumber yang relevan.

Seperti diketahui, OpenAI bermitra dengan penerbit berita dan kreator untuk mengembangkan ekosistem penerbit dan kreator yang berkembang pesat. 

"Kami berharap dapat membantu pengguna menemukan situs dan pengalaman penerbit, sekaligus menghadirkan lebih banyak pilihan dalam pencarian. Selama beberapa dekade, pencarian telah menjadi cara mendasar bagi penerbit dan kreator untuk menjangkau pengguna. Kini, kami menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman ini dengan menyorot konten berkualitas tinggi dalam antarmuka percakapan dengan berbagai peluang bagi pengguna untuk terlibat," ungkapnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.

Tekno Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks