Inovasi AI, CIMB raih penghargaan bank ritel terbaik di Malaysia

Solusi yang berfokus pada nasabah dan memajukan inovasi digital, salah satunya artificial intelligence.

Hendrik Syahputra
A- A+
Effendy Shahul Hamid, Chief Executive Officer, Grup Perbankan Konsumen dan Digital, CIMB Group. 
CIMB Bank Berhad (“CIMB” atau “Bank”) dinobatkan sebagai Bank Ritel Terbaik di Malaysia dalam ajang Penghargaan Lembaga Keuangan Terbaik ke-18 Alpha Southeast Asia tahun 2024. 

Apresiasi atas inovasi teknologi yang terus diimplementasikan oleh Bank CIMB dalam penerapan inovasi digital, salah satunya dengan penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan perbankan.

Penghargaan ini mengakui kepemimpinan jangka panjang CIMB dalam perbankan ritel, yang dipimpin oleh fokus tajamnya dalam ekspansi digital berkelanjutan, yang menghasilkan Bank yang memberikan efisiensi biaya yang lebih baik, kinerja bisnis keseluruhan, dan proposisi nilai pelanggan terbaik di kelasnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. 

Chief Executive Office dan Publisher, Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala mengatakan n CIMB sebagai Bank Ritel Terbaik di Malaysia dalam program penghargaan tahun ini, yang mengakui fokus CIMB dalam menyediakan solusi yang berfokus pada nasabah dan memajukan inovasi digital.
"Kami gembira mengumumkan CIMB sebagai Bank Ritel Terbaik di Malaysia dalam program penghargaan tahun ini, yang mengakui fokus CIMB dalam menyediakan solusi yang berfokus pada nasabah dan memajukan inovasi digital, yang mengarah pada peningkatan kepuasan nasabah, efisiensi biaya, dan produktivitas. Alpha Southeast Asia mengucapkan selamat kepada CIMB atas pencapaian mereka dan komitmen berkelanjutan mereka dalam menyediakan layanan perbankan yang luar biasa sebagai lembaga keuangan terkemuka di Malaysia," jelas Siddiq Bazarwala dalam keterangan resminya, dikutip Senin (15/7/2024).
Chief Executive Officer, Group Consumer and Digital Banking, CIMB Group Effendy Shahul Hamid mengungkapkan upaya inovasi jangka menengah hingga panjang dalam memenuhi kebutuhan nasabah menghasilkan pengalaman perbankan yang lebih baik.

"Kami merasa yakin bahwa upaya inovasi jangka menengah hingga panjang kami dalam memenuhi kebutuhan nasabah menghasilkan pengalaman perbankan yang lebih baik. Hal ini mendorong kami untuk tetap berkomitmen pada perjalanan tersebut dan mengutamakan sudut pandang yang berorientasi pada nasabah dalam segala hal yang kami lakukan," ungkapnya. 

Di antara pencapaian Bank yang disorot adalah fokusnya dalam membangun bisnis di luar perbankan dengan memperluas proposisi produk dan aksesibilitas ke layanan keuangan digital. 

Hal ini tercermin melalui aplikasi perbankan generasi barunya, Aplikasi CIMB OCTO (“CIMB OCTO” atau “Aplikasi”) yang menghadirkan fitur-fitur canggih yang disempurnakan dengan kemampuan AI untuk menawarkan gaya hidup yang dipersonalisasi dan rekomendasi penawaran belanja dari para pedagang serta pengalaman perbankan yang lancar. 

Penghargaan Bank Ritel Terbaik juga menggarisbawahi proposisi produk khas CIMB bagi nasabah kelas atas, melalui CIMB Preferred. Bank meluncurkan layanan dan interaksi khusus melalui komunikasi kelas aset yang dipersonalisasi dan wawasan investasi rutin bagi nasabahnya untuk menangkap tren pasar terkini. Hal ini membantu pertumbuhan nasabah baru CIMB Preferred meningkat sebesar 40% tahun-ke-tahun hingga November 2023. 

TNG eWallet raih penghargaan e-Wallet Terbaik di Malaysia

Sementara itu, TNG eWallet juga diakui sebagai e-Wallet Terbaik di Malaysia selama tiga tahun berturut-turut. TNG eWallet dioperasikan oleh TNG Digital Sdn Bhd (“TNG Digital”), anak perusahaan Touch 'N Go Sdn Bhd (“TNG”), yang sepenuhnya dimiliki oleh CIMB Group Holdings Berhad (“CIMB Group”).

Mendominasi pasar Malaysia dengan lebih dari 21 juta pengguna terverifikasi, TNG eWallet menawarkan penggunanya akses ke berbagai layanan keuangan dengan platform keuangan terintegrasi yang memungkinkan pembayaran lancar dengan program loyalitas terbesar di negara ini.

"CIMB Bank dan TNG e-Wallet bersama-sama kini memberikan spektrum lengkap layanan keuangan ritel inklusif ke seluruh segmen pengguna di Malaysia. Pengakuan ini mendorong kami untuk terus maju, karena kami berupaya memenuhi kebutuhan dan preferensi utama nasabah kami," kata Effendy. 

Dalam tahun ke-18, Penghargaan Lembaga Keuangan Terbaik Tahunan Alpha Southeast Asia mengevaluasi ketahanan dan kinerja lebih dari 112 bank, pialang, dan lembaga keuangan dalam menanggapi pergeseran pasar yang dinamis dan peningkatan adopsi fintech oleh investor ritel, korporat, dan institusional. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.

Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks