![]() |
Kantor Google Tokyo | @google |
Dengan kebijakan ini, Google berharap dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi pelanggan dalam menciptakan kampanye iklan yang lebih inovatif dan efektif.
"Pada kuartal pertama tahun 2025, Ads Creative Studio akan ditutup karena kami mengalihkan fokus ke area pertumbuhan baru yang menarik dan memperdalam kolaborasi dengan mitra kreatif di seluruh ekosistem. Kami yakin bahwa mitra kami memiliki keahlian untuk memberikan kampanye kreatif yang luar biasa dan disesuaikan dengan kebutuhan unik klien Anda," ungkap Google dalam pengumuman itu, dikutip topik.id Senin (17/2/2025).
Selain itu, Google merincikan untuk YouTube, berkolaborasi dengan mitra pihak ketiga untuk kebutuhan penyesuaian video. Untuk Display, Pelanggan non-dinamis dan dinamis akan dapat menggunakan Studio atau bekerja dengan mitra kreatif pihak ketiga.
![]() |
"Untuk YouTube, berkolaborasi dengan mitra pihak ketiga untuk kebutuhan penyesuaian video. Untuk Display, Pelanggan non-dinamis dan dinamis akan dapat menggunakan Studio atau bekerja dengan mitra kreatif pihak ketiga jika Studio tidak memiliki kemampuan yang mereka cari," jelasnya.
Berikut tahapan jadwal penutupan secara penuh:
- 28 Oktober 2024 : Tidak ada akun baru
- 17 Januari 2025 : Tidak ada proyek baru, termasuk menduplikasi proyek yang sudah ada
- Akhir Maret 2025 : Penutupan Ads Creative Studio Penuh
Alur kerja berikut tidak akan terpengaruh hingga penghentian:
- Mengedit proyek yang ada
- Mengekspor proyek ke platform media yang tersedia
- Menambahkan aset baru
- Menambahkan pengguna baru.
Meski Ads Creative Studio akan dihentikan, Google tetap menyediakan alternatif bagi penggunanya melalui kerja sama dengan mitra pihak ketiga serta platform lain yang tersedia.
Pengguna diimbau untuk segera merencanakan strategi transisi, termasuk mengekspor aset yang masih diperlukan sebelum layanan ini resmi ditutup sepenuhnya.
Dengan adanya perubahan ini, diharapkan industri periklanan digital tetap berkembang dan beradaptasi dengan solusi kreatif yang lebih fleksibel dan inovatif seperti memanfaatkan kecerdasan buatan.
"Kami menganjurkan Anda untuk mulai merencanakan strategi kreatif Anda saat Ads Creative Studio hampir berakhir, termasuk langkah-langkah ekspor aset. Hubungi manajer akun Anda untuk informasi lebih lanjut," tutup Google.