cover |
Hal itu diungkapkan dalam laporan Snapchat berkolaborasi dengan OMG dan eye square, melakukan studi penelitian dengan lebih dari 12.000 pengguna platform sosial di lima pasar (AS, Inggris, Kanada, Prancis, dan Arab Saudi). Studi ini menggunakan metode kuantitatif, termasuk paparan iklan, survei peningkatan merek, dan simulasi latihan belanja.
"Ekonomi Kreator global telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dan terus tumbuh, dengan pendapatan yang diharapkan mencapai $480 miliar pada tahun 2027. Konsumen memperhatikan para kreator ini dengan 68% memberi tahu kami bahwa mereka telah melihat konten Kreator yang disponsori merek. Karena Kreator menarik perhatian konsumen dan pemasar, Snapchat bermitra dengan OMG dan eye square untuk melakukan penelitian guna memahami dampak yang dimiliki Kreator di seluruh saluran, terutama hasil perdagangan," tulis Snapchat dalam laporan resminya, dikutip Kamis (23/1/2025).
Iklan kreator menarik perhatian lebih efektif daripada iklan merek standar, dengan perhatian 12% lebih lama dan waktu pemutaran 8% lebih lama. Bila digabungkan, iklan kreator dan merek secara signifikan meningkatkan metrik saluran atas, menghasilkan 35% lebih banyak dalam Ad Recall dan 25% lebih banyak dalam Unaided Brand Awareness.
"Dibandingkan dengan iklan merek standar, kami menemukan bahwa perhatian yang diberikan pada iklan Kreator 12% lebih lama dan waktu pemutaran 8% lebih lama. Ketika dipasangkan bersama, iklan Kreator dan iklan merek standar berdampak pada metrik saluran atas. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, melihat iklan Kreator diikuti oleh iklan merek mendorong peningkatan signifikan dalam Ad Recall dan Unaided Brand Awareness," jelasnya.
Kreator berpengaruh selama fase pertimbangan (71%) dan pembelian (70%) dalam berbelanja. Dalam simulasi tugas belanja, paparan iklan Kreator sebelum iklan produk menghasilkan peningkatan keterlibatan dengan detail produk dan rasio pembelian yang lebih tinggi. Kreator membantu merek menjadi pilihan utama di antara pesaing, sehingga meningkatkan pertimbangan konsumen.
Paparan terhadap iklan Kreator yang diikuti oleh iklan produk meningkatkan kepercayaan terhadap merek. Efek halo ini khususnya kuat ketika Kreator disukai, seperti yang terlihat di AS dan Prancis.
"Sentimen ini menjadi kenyataan dengan hasil perdagangan perilaku aktual dalam tugas belanja simulasi kami. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, melihat iklan Kreator sebelum iklan yang berfokus pada produk menghasilkan peningkatan signifikan pada konsumen yang melihat halaman detail produk dan pembelian merek di pasar daring," ungkapnya.
Kreator Dapat Meningkatkan Reputasi Merek.
@Snapchat |
Riset menunjukkan bahwa Kreator dapat mendorong pembelian dan meningkatkan reputasi merek. Pemasar harus mempertimbangkan strategi berikut:
Berkolaborasi dengan Kreator untuk hasil perdagangan : Integrasikan Kreator ke dalam strategi yang ditujukan pada hasil saluran bawah, yang memamerkan produk secara autentik.
Meningkatkan citra merek : Libatkan Kreator dalam kampanye untuk meningkatkan kepercayaan dan persepsi merek, memastikan keselarasan dengan nilai-nilai merek.
Pertimbangkan platform : Di Snapchat, manfaatkan hubungan konsumen yang kuat dengan Kreator, karena rekomendasi mereka lebih berdampak.
"Kreator mungkin hanya dianggap sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran, tetapi penelitian membuktikan bahwa mereka dapat membantu mendorong pembelian dan meningkatkan reputasi merek. Saat berkolaborasi dengan Kreator untuk mendorong keberhasilan," terangnya.