Google luncurkan Education Navigator gratis, para guru bisa dibantu AI

Banyak administrator sekolah maupun pendidik yang belum memiliki sumber daya yang tepat untuk mengetahui alat mana yang dibutuhkan.

Tamara
A- A+
Google Indonesia
Google secara resmi meluncurkan produk terbarunya, Education Navigator. Alat canggih ini dirancang untuk membantu para guru dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pengajaran.

Di laman resmi Google Indonesia merincikan, selain mengasah kreativitas, penggunaan teknologi dalam sistem belajar mengajar bisa membantu siswa membiasakan diri dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk masa depan. 

Namun, masih banyak administrator sekolah maupun pendidik yang belum memiliki sumber daya yang tepat untuk mengetahui alat mana yang dibutuhkan.
"Oleh karena itu, Google meluncurkan Education Navigator, sebuah situs yang menyediakan informasi secara gratis tentang alat Google for Education seperti Chromebook, Google Classroom, dan Google Workspace for Education di satu tempat. Situs ini membantu administrator sekolah dan pendidik menemukan apa yang mereka perlukan dalam menggunakan teknologi untuk pengajaran dan pembelajaran dengan mengatur sumber daya berdasarkan peran, tingkat pengalaman (pemula atau lanjutan), produk dan minat (keamanan, kolaborasi, AI, dan banyak lagi)," tulis Google Indonesia di blog resminya, dikutip Jumat (26/7/2024).
Selain itu, Google Indonesia juga mengungkapkan Education Navigator bisa memberikan rekomendasi alat Google yang tepat sesuai peran penggunaannya, situs ini menyediakan berbagai panduan seperti 40 cara menggunakan Google Workspace for Education yang dibuat untuk membantu meningkatkan keamanan dan privasi digital, mendukung pengajar, dan memastikan akses teknologi yang merata bagi siswa.

Google Indonesia
"Contohnya, jika kita menginginkan alat keamanan digital proaktif untuk melindungi data mahasiswa dan dosen, melalui Education Navigator kita akan menemukan demo interaktif Google Workspace for Education yang menampilkan dasbor keamanan. Demo ini memperlihatkan praktik terbaik keamanan, termasuk deteksi spam, berbagi file, upaya phishing, dan banyak lagi. Pilih topik yang diminati dan dapatkan sumber daya yang disesuaikan dengan peran," terangnya.

Semantara itu, bagi pengajar atau guru dapat menemukan berbagai sumber daya yang dapat membantu mempermudah penggunaan teknologi di dalam dan di luar kelas. 

Beragam sumber pengembangan profesional daring juga tersedia seperti sertifikasi lanjutan dari program Champions dari jaringan global Google Educator Group untuk membantu mengembangkan keterampilan baru dan terhubung dengan para pengajar lainnya.

"Kita mungkin pernah mendengar tentang bagaimana kita bisa menghemat waktu dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik dengan generative AI. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, pilih "Memperdalam pendidikan dengan AI" di Education Navigator dan temukan berbagai sumber daya untuk para pengajar, termasuk kursus. Mulai Menggunakan Gemini untuk Google Workspace," tulis Google Indonesia kembali.

Kursus mandiri ini menawarkan panduan tentang penggunaan Gemini dan bagaimana kecerdasan buatan generatif dapat membantu guru merencanakan pelajaran, memunculkan ide, dan mempersonalisasi pengajaran.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.

Tekno Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks